Jibril Al Amin As di Ghadir Khum :

" Rasul (umat) ini telah mengikat perjanjian abadi setiap Mukmin yang tiada yang akan berpaling kecuali tidak Percaya Tuhan "

September 8, 2009

Khutbah Imam Hasan As



Ayyuhan Nas, Sesungguhnya barangsiapa memberi nasihat karena ALLAH dan menjadikan firmanNya sebagai dalil bagi petunjuk menuju kebenaran, serta memperoleh pertolongannya menuju kebenaran dan diteguhkan dalam kebajikan maka sesungguhnya orang yang berada di dekat ALLAH seperti itu akan selalu aman dan terpelihara, sedangkan musuh musuhnya menjadi gentar dan terhinakan.

Karena itu peliharalah hubunganmu dengan ALLAH dengan banyak berzikir , takutlah kepada ALLAH dengan takwa dan bertaqqarublah dengan taat kepadanya. Karena sesungguhnya ALLAH itu Maha dekat dan maha mengabulkan permohonan. ALLAH Ta’ala berfirman :

“ .. Dan Apabila hambaKu bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka katakanlah bahwa Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan seseorang yang memohon ketika dia berdoa kepada Ku. Karena itu hendaknya mereka memenuhi (segala perintah Ku) dan hendaknya mereka beriman kepadaku agar mereka selalu berada dalam kebenaran “ ( QS Al baqoroh ayat 186 )

Penuhilah segala perintahnya dan berimanlah kepadanya. Sebab tidak patut bagi seseorang yang mengetahui keagungan ALLAH untuk berlaku sombong. Karena ketinggian derajat orang orang yang mengetahui keagungan ALLAH itu terletak pada ketawadhuannya dan adalah keharusan bagi mereka yang tahu tentang kemaha kuasaan ALLAH terletak pada penyerahan diri padaNya.

Janganlah kalian ingkar setelah kalian mengetahui kebenaran dan sesat sesudah memperoleh petunjuk. Ketahuilah, Bahwa kalian tidak akan tahu dengan seyakin yakinnya tentang bagaimana harus menerima perintah harus menerima perintah ALLAH, kecuali sesudah kalian mengetahui sifat sifat petunjukNya dan tidak pula kalian bisa berpegang teguh pada kitabullah sebelum kalian bisa mengetahui isinya serta tidak pula bisa membacanya dengan sebaik baiknya sebelum kalian mengetahui siapa yang menciptakannya.

Apabila kalian telah mengetahui semua itu maka kalian akan dapat membedakan bid’ah dan yang dibuat buat yang melakukan kebohongan kepada ALLAH dan yang menyimpang dan tahu pula bagaimana seseorang melakukan sesuatu berdasarkan hawa nafsunya sendiri. Hendaknya pula kalian tidak diperbodoh oleh orang orang yang tidak tahu apa apa. Dan berpegang teguh lah pada petunjuk yang diberikan ahlinya dalam hal ini. Sebab, mereka itu adalah orang orang yang khusus menerima ilmu yang menerangi diri mereka dan imam imam yang dijadikan petunjuk. Ditangan mereka terletak hidupnya ilmu dan kematian kebodohan. Mereka adalah orang orang yang menyampaikan berita kepada kalian tentang keharusan kalian melawan kebodohan dan menentukan logika yang sehat, serta menetapkan yang lahir dari yang batin. Mereka tidak pernah menyimpang dari kebenaran dan meninggalkannya.

Telah berlalu atas mereka Sunatullah dan telah pula berlaku ketentuan ALLAH atas mereka. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi mereka yang mau mengingatnya. Pahamilah semuanya ini dengan akal yang memeliharanya (dengan pelaksanaan) dan jangan dengan akal yang sekedar akan menyampaikan pada orang lain dan amat sedikitlah yang mau memeliharanya (dengan melaksanakannya) dan kepada ALLAH jualah kita memohon pertolongan “

~ Tukhfat al ‘Uql min Aali Al Rasul




0 comments:

Enter Your email to Get Update Articles

Delivered by FeedBurner

Random Articles

Powered by Blogger.

Recent Comments

" Pro-Log for the Light Of AT TSAQOLAIN "

  © Free Blogger Templates Cool by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP