Jibril Al Amin As di Ghadir Khum :

" Rasul (umat) ini telah mengikat perjanjian abadi setiap Mukmin yang tiada yang akan berpaling kecuali tidak Percaya Tuhan "


March 18, 2008

Essensi Khutbah Nahj al Balaghah 155

Ibnu Abil Hadid (Ulama Ahlusunnah) menjelaskan Esensi Khutbah Imam Ali AS :

Imam Ali [as] mengatakan "Terjadilah pembicaraan antara saya dan Rasulullah [saww]" ,

Beliau SAWW Bersabda kepada Saya 'ALLAH SWT kelak akan menetapkan bagi anda jihad melawan orang orang yang jatuh dalam fitnah sebagaimana Dia menetapkan jihad atas saya melawan orang orang Musyrik'

Saya berkata "Wahai Rasulullah, Fitnah Jenis apakah hingga saya diwajibkan berjihad?"

Nabi Suci SAWW menjawab "Fitnah tersebut berhubungan dengan orang orang yang mengakui keesaan ALLAH dan keNabianku, namun mereka menentang Sunnahku"

Saya berkata "Atas dasar apa saya memerangi orang orang yang mengakui keesaaan ALLAH dan Kenabian Anda?"

Nabi SAWW bersabda "Anda memeranginya karena mereka menciptakan bid'ah dalam agama dan mereka menentang perintah saya"

Saya berkata "Wahai Rasulullah, Sebelum ini Anda telah berjanji bahwa saya akan mati syahid. Mohonlah kepada ALLAH agar janji Syahadah itu jangan ditunda"

Nabi SAWW bersabda " Anda sepeninggalku akan memerangi al Nakitsun (Thalhah dan Zubair), al Qisitun (Muawiyah dan pengikutnya) dan al Mariqun (kaum khawarij). Sekarang saya menjanjikan Syahadah bagi anda, Anda akan segera memperoleh kemuliaan mati syahid dengan cara kepala anda akan dihantam dengan pedang hingga darah membasahi janggut anda, Dalam Hal ini bagaimanakah kesabaranmu?"

Saya berkata " Wahai Rasulullah, disitu bukan tempatnya untuk bersabar. Namun itu merupakan berita gembira untuk bersyukur"

Nabi Suci SAWW selanjutnya bersabda : "Wahai Ali, sepeninggal saya umat akan jatuh ke dalam fitnah (bencana). Mereka menta'wilkan al Qur'an sesuai dengan kehendak hatinya sendiri. Mereka menganggap halal minuman anggur dengan menamakannya air gandum; suap dengan menamakannya pemberian dan mengambil keuntungan riba dengan menamakannya perdagangan. Mereka merubah pengertian Al Qur'an yang sebenarnya dan mengikuti jalan kesesatan.

Dalam keadaan seperti ini, tinggallah anda dalam rumah dan putuskan hubungan anda dengan hal hal itu. Saat itu, kekuasaan akan berpindah ke tangan anda dan orang orang akan berhadapan dengan anda. Perangi mereka berdasarkan Ta'wil (makna Batin) Al Qur'an sebagaimana saya memerangi kaum musyrikin berdasarkan tanzil (makna lahir) al Qur'an. Kondisi masyarakat dimasa anda jauh berbeda dengan masa saya"

Saya katakan "Wahai Rasulullah, Bagaimana saya akan memperlakukan mereka saat itu. Apakah menganggap mereka telah kembali kepada kekafiran atau hanya dalam pendurhakaan?"

Beliau SAWW bersabda " Dalam pendurhakaan, mereka berada dalam fitnah sampai keadilan ditegakkan "

Saya bertanya "Wahai Rasulullah, keadilan berasal dari kita atau dari selain kita ?"

Nabi SAWW bersabda "Keadilan bersama kita, Kemenangan diperoleh melalui kita. Melalui Kita pula ALLAH menyatukan hati hati manusia setelah di huni kemusyrikan dan melalui kita orang yang terjatuh dalam fitnah akan menemui kebahagiaan"

Saya berkata "Segala Puji bagi ALLAH yang telah memberikan KaruniaNya Kepada kita"


0 comments:

Enter Your email to Get Update Articles

Delivered by FeedBurner

Random Articles

Powered by Blogger.

Recent Comments

" Pro-Log for the Light Of AT TSAQOLAIN "

  © Free Blogger Templates Cool by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP